Kamis, 02 Juli 2009

Elegi Calon Pengantin .

Sesuatu yang sangat disayangkan ketika Cinta benar-benar dating. Dia malah pergi. Bukan hanya pergi secara biasa, yang dapat bertemu kapan saja. Tapi keputusannya untuk pergi kesuatau tempat malah berakibat dia pergi selamanya.

Rasa sayang yang muncul pun dianggap sia-sia. Seperti bunga yang gugur sebelum berkembang.

Tapi terpurukpun tak berarti. Sedih boleh tapi cukup hanya sementara. Lalu bangkit dan berdiri. Sambut Cinta lain yang diberikan orang berbeda. Akan tetapi jangan pernah dihapus semua kenangan dengan dia si Cinta Sejati yang telah Mati.

Seperti suatu kisah :
“Alkisah tersebutlah Rumput dan Ilalang yang bersebelahan. Salin berbagi padang savana yang hijau tenang. Keduanya sama-sama liar. Namun keduanya tak pernah saling bicara ketika besar. Padahal saat kecil mereka selalu bermain bersama.

Laun. Mereka dipertemukan takdir suatu ketika. Saat gerimis menghiasi Raya, menyapa syahdunya hari Fitri. Dengan sepucuk pesan yang salah dikirim oleh Ilalang pada Rumput.

Rumput mengacuhkan. Ilalang pun diam. Tapi takdir tak pernah diam. Dibuatnya scenario babak baru. Dengan cerita yang sama sekali berbeda. Sehari. Dua hari. Seminggu. Akhirnya setelah seminggu, Ilalang dibuat takdir untuk menghubungi Rumput. Rasa terganggu ditampakkan Rumput pada Ilalang. Tapi Ilalang hanya diam dan diam. Dikatakannya dia hanya ingin bertanya pada Rumput, bahwa ia ingin mengetahui kenapa suratnya bisa salah dikirim.

Rumput tak mengerti apa yang terjadi. Yang jelas dia hanya mengatakan bahwa dia bukan Lebah seperti yang dimaksud oleh Ilalang. Dia hanyalah Rumput Liar biasa yang hidup biasa.

Ilalang semakin tak mengerti kenapa semua bisa begini. Dijelaskanya kembali pada Rumput. Bahwa kemarin lalu, Lebah pernah bersurat padanya dengan alamat yang sama.

Rumpun juga semakin tak mengerti. Tak dikenalnya siapa Lebah yang dimaksud Ilalang. Kemudian, Ilalang dan Rumput saling bertukar informasi. Rumput menceritakan akan keadaan di Timurnya. Sedangkan Ilalang menceritakan keadaan di Baratnya.

Akhirnya, takdir bertindak. Dibuatnya Ilalang tertarik dengan Rumput. Keduanya berjanjian bertemu. Suatu ketika, tak mereka sangka. Ternyata mereka bersisian. Namun rasa acuh keduanya membuat mereka saling bungkam.

Tapi, garis takdir selalu menang. Cerota unik keduanya dirajut. Keduanya menjadi saling menyukai satu sama lain. Saling berbagi dan bercerita. Hingga suatu ketika takdir mulai menguji Cinta mereka.

Dihembuskannya Angin dikeduanya. Disampaikan oleh Angin bahwa ia menaruh rasa dan asa untuk bersama Rumput. Lalu Ilalang yang telah memberikan Hatinya pada Rumput menjadi sangat kecewa pada Rumput.

Rumput mulai goyah. Karena perasaannya sendiri pun ternyata ia bohongi. Jauh sebelum itu, ada Daun cinta pertamanya, Supernova, dan Ranting kemudian Angin. Jauh dilubuknya yang tersembunyi. Rumput masih menyayangi Angin. Dari kesemuanya. Hanya Angin lah yang membuatnya mencintai selama lebih dari 2 tahun.

Ilalang semakin kecewa pada Rumput. Tak diterimanya alas an apapun. Dan takdir kecewa. Dibuatnya cerita lain dari kisah mereka berdua. Dibuatnya mereka terpisah. Jarak jawabnya.

Rumput harus terbang ke tempat lain yang lebih semarak. Banyak bunga-bunga, Matahari juga Bintang terlihat disana. Sedikit semakin terlupalan oleh Rumput akan kisahnya selama satu tahun dengan Ilalang dengan cerita yang unik.

Suatu ketika. Takdir kembali menunjukkan kuasanya. Atas perintah Sang Penguasa. Rumput harus kembali di Hari Fitri setahun kemudian. Disanalah di padang savana yang sama. Diketemukannya Rumput dengan Ilalang.

Sebuah babak baru pun dimulai. Dikisahkan bahwa Orang Tua Rumput dan Ilalang saling bersahabat dan memiliki perjanjian dimasa lajang. Keduanya saling berjanji bahwa kelak anak mereka harus ada yang saling menikah. Keputusan berbesanan diletakkan pada anak pertama mereka Karen alasan sebaya.

Dapat ditebak. Bahwa Rumput dan Ilalang lah yang mendapat mandate untuk menerima perjodohan itu. Betapa rumitnya. Disaat yang sama Ilalang masih marah dengan Rumput. Sedangkan Rumput mulai menyukai Bintang di tanah seberang.

Akhirnya setelah berjalan bersama. Ilalang memutuskan untuk menerima keputusan kawin gantung. Pertunangan telah ditetapkan tanggal 17 Juni. Tepat diusia Rumput ke-20. ilalang dan Rumput mulai menjalani kembali kisah lama mereka.

Namun lagi-lagi takdir dating menguji. Kali ini Hujan yang dating. Dikatakan bahwa Hujan mencintai Ilalang. Dan ialah yang menggantikan Rumput dihati Ilalang selama pergi. Rumput kecewa dan sakit hati tentunya. Lalu diputuskannya untuk membatalkan perjodohan itu.

Seperti oaring tua pada umumnya. Orang tua Rumput marah dan tak menyukai Ilalang. Namun persahabatan tetaplah mereka bina. Dibantunya setiap saat kesulitan Ilalang menghadapi permasalahan keluarganya. Dan bagaimana kisah Rumput.

Rumput menjadi Liar. Terutama ketika keluarganya mulai menuai masalah. Saat itu Ilalang kembali dating. Bak pahlawan ia menolong keluarga Rumput. Seperti yang dilakukan keluarga Rumput padanya.

Tersentuh hati Rumput melihat Ilalang. Terutama ketika melihat Ilalang hancur dan berantakan ketika melihat ibunya harus jatuh sakit. Lalu diterimanya kembali Ilalang. Karena memang ternyata Rumput menyadari dia tak bisa hidup tanpa Ilalang. Walaupun belum dideklarasikan pada keluarganya akan keputusannya.

Ternyata takdir hanya menulis kisah mereka hanya sampai disini saja. Karena tiba-tiba. Datanglah Air si tenang yang membuat keluarga Rumput terpesona. Juga karena perasaan bersalah yang disembunyikan dari Rumput.

Sebuah kabar disampaikan Rumput. Bahwa ia harus bertunangan dengan Air seperti keinginan orang tuanya. Rumput bingung apa yang harus dilakukannya. Dia ingin menolak tapi ibunya berkata inilah saatnya dia berbakti menunjukkan balas jasanya pada orang tuanya.

Dan kabar ini disampaikan Rumput pada Ilalang. Dan kata Ilalang, ia bersedia mengalah dan melepaskan Rumput. Karena memang seharusnya begitu. Ilalang merasa ia tak pantas untuk Rumput. Lebih pantas Air yang menemani.

Dan akhirnya Rumput menerima Air. Banyak kisah yang muali dirajut. Namun takdir memberikan sentuhan kecil kuasanya atas izin Sang Penguasa. Tiba-tiba. Ilalang menghilang dan hanya meninggalkan sebuah pesan kepadanya. Lewat telepon singkat dimalam ulang tahun Rumput.

‘Rumput, Selamat Ulang Tahun. Semoga apa yang kamu ingunkan senantiasa tercapai. Selalu jadi Rumput yang kuat. Maaf aku harus pergi. Dan Bunda tak pergi bersamaku. Tapi dengan ayahku. Semoga engkau bahagia.’

Selesai. Hanya itu yang dikatakan Ilalang. Tanpa memberi kesempatan pada Rumput untuk menjawab dan berbicara.

Awalnya Rumput hanya tertegun sementara. Ia hanya menganggap. Toh suatu saat dapat bertemu dengan Ilalang lagi.

Tapi kisah itu tak berhenti 3 hari berkutnya. Rumput mendapat kabar dari Kakak pertamanya. Bahwa Ilalang kecelakaan motor menuju pelabuhan. Rumput sangat shock mendengarnya. Tak disangkanya malam itu adalah suara terakhir yang didengarnya dari mulut Ilalang.

Dan kini Ilalang telah pergi. Selamanya.

Rumput terpuruk cukup lama. Disesalinya telah mengecewakan Ilalang diakhir hidupnya. Tapi kemudian ia bangkit ditemani Air dan keluarganya.”

Sebuah kisah yang mirip sinetron sebenarnya. Tapi dari sana harusnya kita sadar akan konsekuensi keputusan kita dalam hidup sangat rumit dan beragam. Maka dari itu sulit meramalkan masa depan. Apapun itu.

Dan terpuruk karena kepergian seseorang pun tak membuatnya kembali. Untuk itu bersemangatlah. Hadapi babak baru hidup. Seperti sebagian lyric A Brand New Day nya Michael Jackson . . .

Can't you feel a brand-new day?

Everybody be glad
Because the sun is shining just for us
Everybody wake up!
Into the morning, into happiness

Hello world!
It's like a different way of living now...
And thank you world
We'd always knew that we'd be free somehow

In harmony,
Let's show the world that we've got liberty
It's such a change
For us to live so independently-

Jangan pernah terpuruk seperti lagunya Aura Kasih denga Cinta Matinya . . .

slamanya kau tlah pergi
tinggalkanku
sisakan pedih dihatiku ini

dan kini ku sendiri
mengenangmu
tak ada lagi yang slalu kunanti

dan aku
takkan pernah percaya
dan aku
takkan mampu percaya
kau telah tiada

kaulah cinta matiku
kini kau pergi tinggalkanku
sendiri tanpa cintamu lagi

kaulah cinta matiku
dan ku ingin kau tuk kembali
jangan pergi
ku tak mau begini

Tapi yakinlah seperti Nantikan Dibatas Waktu-nya Edcoustic

dikedalaman hatiku
tersembunyi harapan yg suci
tak perlu engkau menyangsikan

lewat kesalihanmu
yg terukir menghiasi dirimu
tak perlu lewat kata-kata

sungguh walau ku kelu
tuk mengungkapkan perasaanku
namun penantianmu pada diriku jangan salahkan

kalau memang kau pilihkan aku
tunggu sampai aku datang
nanti kubawa kau pergi ke surga abadi

kini belumlah saatnya
aku membalas cintamu
nantikanku di batas waktu

Karena percayalah, Dia si Cinta Sejati itu ada dan diciptakan untuk kita ditempat yang sangat sempurna.

^_^ CielPelangiBiru ^_^
*dedicated for my beloved ex.boyfriendthat die at 20th June, 2009.

2 komentar: